UNBK pertama kali sepanjang sejarah

SMK Mutu Tegal--4 April - 7 April 2016 SMK Mutu Tegal mengikuti Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016, Namun ini ada yang berbeda karena UN tahun ini menggunakan komputer atau yang dikenal UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Sesuai dengan Peraturan pemerintah Kurikulum 2013  Ujian Nasional menggunakan komputer sehingga semua siswa harus dibekali TIK yang baik, disamping itu infrastuktur dan fasilitas juga harus terpenuhi. 
Salah satu sekolah swasta SMK di Kota Tegal yang melaksanakan UNBK adalah SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Pada tahun ini merupakan UNBK yang pertama sejak adanya UNBK karena tahun lalu kita belum siap namun untuk tahun ini insya Allah sudah siap 100%.
Siswa yang mengikuti UNBK sejumlah 250 siswa yang terdiri dari 3 sesi dan 3 ruang ujian. menurut ketua panitia Bapak  Drs. Agus Sumardono mengatakan :"SMK Mutu Tegal sudah melakukan persiapan, dengan dimulainya simulasi UNBK pada bulan februari 2016 kemudian dilanjutkn sosialisasi pada bulan Maret 2016." 
Pengecekan komputer dilakukan terus menerus dan selalu update aplikasi yang digunakan UNBK. Dengan mengikuti panduan UNBK yang ada di web unbk kemdikbud membuat tim teknis dan ptoktor bisa bekerja dengan baik. Ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama seluruh panitia dan tim teknis. Menurut salah satu proktor unbk Abdul Wahab, S.Kom mengatakan : "Setiap kegiatan pasti ada kendalanya, namun harus cepat dan tanggap dalam menanganinya, salah satunya adalah ketika  UNBK kita harus cepat dan selalu siap dalam menghadapi kendala-kendala tersebut."
Untuk hari pertama ini alhamdulillah sesi 1 sudah dilaksanakan dengan mata uji Bahasa Indonesia. dan kini sedang berlangsung sesi 2 masih sama dengan mata uji Bahasa Indonesia. Kita berharap UNBK berjalan lancar sampai hari ke-4 dan hasilnya pun bisa memuaskan dengan nilai yang baik. Aamiin.
(Mr.AW)