Ujian Sekolah

Tegal_21 Maret 2016
SMK Muhammadiyah 1 Tegal sampai hari ini masih menyelenggarakan Ujian Sekolah untuk kelas XII sebagai syarat kelulusan siswa kelas XII. Kali ini mata ujian Matematika, Saya mendapat tugas di ruang 11, waktu tepat pukul 07.30 WIB tanda bel masuk berbunyi sampai di ruang ujian peserta didik sudah siap dengan ujian hari ini. Tas, HP dan semuanya diletakkan di depan ruang ujian. Hanya alat tulis dan kartu ujian saja yang diperbolehkan dibawa masuk.
Saya pun memerintahkan salah satu siswa untuk memimpin do'a terlebih dahulu agar ujian bisa berjalan lancar diberi kemudahan. Selanjutnya saya membagikan lambar jawab sementara rekan saya Ibu Anisa Fembina Sinaga, S.Pd membagikan naskah soalnya.
"Anak-anak silahkan cek soal dan lembar jawabnya jika sudah sesuai silahkan mulai mengerjakan" begitu kataku. Siswa pun dengan semangat mulai mengerjakan.
Pengawas (Saya dan Bu Anisa) mengedarkan daftar hadir peserta ujian sambil ngecek kartu ujian. Ujian sekolah berjalan tertib, namun 20 menit kemudian siswa mulai tidak tenang, ada yang gelisah, mulai ada yang mengantuk, ada juga yang berulah mulai tengok sana-sini. Kami pun menegur dan memberi peringatan kepada siswa tersebut.
Di ruang 11 ini tercatat jumlah peserta 20 namun yang hadir 19 siswa sehingga sisa soal dan lembar jawab 1 lembar, Saya pun memanfaatkan sisa soal dan lembar jawab tersebut untuk menulis berita dan peristiwa ujian pada hari ini.
Selamat Pagi. Tetap tersenyum untuk mengawali aktifitas.
Semoga sukses !!