Training Motivation

Minggu, 13 Maret 2016. Sudah berlalu 2 minggu namun tidak apalah saya baru sempat menuliskan pengalamanku ini.
Tim Training Motivation tiba di SMP 18 Tegal dengan mengusung Tema Lulus SMP mau kemana? Salah satu trainer Abdul Wahab, S.Kom menyampaikan materi tepat pukul 19.30 - 22.00 WIB dengan tema "Memburu sekolah yang berkualitas". Dalam kesempatan itu saya menyampaikan motivasi kepada siswa kelas IX SMP N 18 Tegal bahwa pentingnya belajar bukan karena ingin lulus Ujian Nasional SMP, namun lebih dari itu belajar dengan rajin dimaksudkan agar memperoleh nilai yang bagus sehingga bisa mendaftar di SMA/MA/SMK yang favorit dan berMUTU.
Saya melanjutkan materi kepada siswa kelas IX, Hidup adalah pilihan mau jadi orang sukses atau gagal ? ingin kaya atau miskin ? ingin jadi orang baik atau jelek ? ingin biasa saja atau istimewa? begitulah beberapa pertanyaan yang saya lontarkan kepada siswa. serentak 100% siswa menjawab ingin Sukses, ingin kaya, ingin jadi orang baik, ingin yang istimewa. Tak ada satupun siswa yang ingin gagal. Oleh karena itu saya tidak sulit untuk membawakan materi karena di awal saya sudah mendapatkan komitmen dari siswa bahwa mereka sudah siap untuk jadi orang sukses.
Kontrak belajar pun saya buat dimaksudkan untuk menertibkan siswa dalam mengikuti training motivation. Kemudian saya memutar video berkenaan dengan Lulus SMP mau kemana? dalam video itu menggambarkan tentang apa itu SMA/MA dan SMK, menjelsakan secara detail tujuan dari lulusan SMA/MA dan SMK sehingga siswa mampu menentukan sendiri Lulus SMP mau kemana tanpa paksaan dari teman, guru maupun orang tua sendiri.
Hadir dalam kegiatan tersebut Waka Kesiswaan SMK Mutu Tegal dan Tim PPDB SMK Muhammadiyah 1 Tegal untuk memberikan penawaran/sosialisasi tentang sekolah unggulan dan sekolah Mutu di Kota Tegal, harapannya siswa kelas IX SMP N 18 Tegal tersebut tertarik dan bisa memilih SMK yang favorit di Kota Tegal.

Sekian tulisan saya hari ini semoga bermanfaat dan menginspirasi saya untuk lebih giat menulis lagi.
terimaksih sudah membaca, mari membaca dengan membaca kita ikut mensukseskan program pemerintah dalam mengetaskan buta aksara.